Sabtu, 04 Desember 2010

REVIEW JURNAL 1

Tema/topik : kepuasan
judul : analisis kepuasan pelanggan pada produk tepung ketan merk rose brand PT. Sungai Budi Jakarta
Pengarang : Hernama
Tahun : 2006
LBM : Dengan semakin pesatnya persaingan, maka perusahaan melakukan strategi dalam pemasarannya. Maka hal yang mendasar dalam pemasaran adalah memahami titik sentralnya yaitu kepuasan konsumen. Yang dapat terkait dalam kepuasan dengan kualitas produk, karena kepuasan menjadi talak ukur terhadap suatu produk.
Masalah : 1. Apakah konsumen puas dengan produk tepung ketan yang dihasilkan oleh PT. Sungai Budi Jakarta?
2. faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen?
3. bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi kepuasan konsumen?
Tujuan : 1. Menaikkan laba pada perusahaan
2. menganalisa kualitas produk yang dipandang dari sisi puas atau tidaknya konsumen terhadap suatu produk
d.Metodologi :
a. Data dan variabel : data primer dengan variable tingkat kepuasan,
1. sangat puas
2. puas
3. netral
4. tidak puas
5. sangat tidak puas
b. model : sampling secara acak
c. tahapan penelitian :
menganalisis tingkat kepentingan kinerja
Pemetaan karakteristik responden
tahap uji hipotesis
Hasil dan kesimpulan :
Hasil : hanya ada dua indikator yaitu :
Ho : pelanggan tidak merasa puas terhadap produk tepung ketan merk rose brand di PT. Sungai Budi.
Ha : pelanggan tidak merasa puas terhadap produk tepung ketan merk rose brand di PT. Sungai Budi.
Jika nilai Ho lebih kecil dibanding dengan Ha maka, Ho ditolak dan berarti konsumen merasa puas terhadap produk tepung ketan merk rose brand di PT. Sungai Budi.
Kesimpulan : Pada umumnya konsumen merasa puas terhadap kualitas produk tepung ketan merk rose brand di PT. Sungai Budi, maka dari indicator yang ada perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan indicator higienis dan kualitas
Saran:
a. Bagi penulis berikutnya disarankan menambah variabel tingkat pembanding dengan produk jenis sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar