Kamis, 22 Desember 2011

tugas etika bisnis


1.       Berapa prinsip-prinsip dibawah ini yang menjadi pedoman kegiatan sehari-hari dan pendorong bagi setiap orang dalam kegiatan berbisnis, antara lain :
a.       Semangat pelayanan prima yang dilakukan .
b.      Semangat fairness .
c.       Semangat harmonis dan kerjasama .
d.      Semangat kerja keras untuk maju .
e.      Semangat hormat dan rendah hati .
f.        Semangat mengikuti hukum alam .
g.       Kejujuran adalah pangkal sukses .
h.      Semangat bersyukur .
Diminta  saudara untuk memberikan tanggapan dan komentar atas prinsip-prinsip tersebut ,berkaitan dengan kegiatan bisnis, beserta contohnya.
Jawab :
Prinsip tersebut sangatlah terikat satu sama lainnya, sebab didalam kegiatan berbisnis selalu dilandasi dengan prinsip-prinsip tersebut . jika prinsip tersebut dihilangkan maka kegiatan bisnis yang dilakukan tidak terjamin akan berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan .

2.       Berilah tanggapan dan komentar saudara atas pernyataan dibawah ini : “bisnis apapun adalah bagian dari sebuah sistem sosial dan atas dasar itu mempunyai hak dan tanggung jawab. Kebebasan untuk mengejar tujuan-tujuan ekonomis dibatasi oleh hukum dan tersalurkan melalui kekuatan pasar bebas, tetapi tuntutan tersebut bersifat minimal, karena hanya menuntut agar bisnis menyediakan barang dan jasa yang diinginkan,bersaing secara fair dan tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.”
Jawab :
Menurut pendapat saya kegiatan bisnis memang dilakukan dengan fair dan tanpa merugikan orang lain, kegiatan bisnis dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan ekonomis. Jadi menurut saya pernyataan tersebut benar, dikarenakan jika bisnis dilakukan secara tidak fair maka bisnis tersebut tidak akan berjalan dan akan terjadi kecurangan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar